Kartu Baru

Penggantian Kartu Tiket Langganan MRT di SG

Transportasi andalan di Singapore itu adalah MRT, selain juga kita bisa menggunakan Bus Kota. Enaknya di Singapore semua transportasi umum sudah menggunakan sistem E-ticketing sejak lama. Jadi kartu tiket langganan untuk MRT bisa untuk digunakan sebagai tiket bus kota dan lain-lain.

Tiket MRT dan Bus Kota di SG sebenarnya bisa dibeli sesuai tripnya, jadi sebelum naik MRT kita bisa beli tiket sesuai rute yang akan kita tuju. Saya ga tau apakah bus kota juga demikian, sbb sejak dahulu sampai 2014 ini saya belum pernah naik bus di SG hehehe :) ga tau kenapa saya rasanya ga pede aja kalo naik bus ;)
Selain kita beli tiket sesuai rute yang akan kita tuju, sebenarnya ada cara yg praktis yaitu pake kartu MRT. Kartu ini gunanya sebagai tiket, jadi setiap kita mau masuk gate atau gerbang di stasiun MRT kita tinggal tap atau letakkan saja kartunya di sensor masuk gate itu. Nanti akan terbaca berapa saldo nya, sekaligus dimasukkan data kita masuk dari Stasiun mana. Nanti begitu kita sampai tujuan, sebelum keluar stasiun di gate nya kita tap lagi kartunya. Maka akan di debet lah saldo di kartu MRT itu, sekaligus terlihat saldo sisanya. Seluruh proses tapping kartu di gate itu ga lama kok, cepet banget, begitu saldo kita mencukupi warna lampu di gate berubah dari merah jd hijau, artinya kita bisa masuk ke peron stasiun MRT.

Singapore sudah menerapkan ini sejak lama, dan sewaktu tahun 2009  saya ke SG saya putuskan untuk membeli dan menggunakan kartu ini. Saya kagum dengan sistem pembayaran sarana transportasi semacam ini, yg begitu mudah, ringkas, efektif dan efisien. Pokoknya keren banget deh. Sedangkan di Indonesia hal ini mulai diterapkan di Jakarta oleh PT KRL Commuter line baru-baru ini, demikian pula dengan Transjakarta, itupun belum terkoneksi, dan baru mulai terkoneksi di sekitar 2014 ini. Jadi di Singapore teknologi seperti ini sudah lama dipakai di Indonesia yang tidak jauh dari Singapore baru mau pakai :(

Kembali ke Singapore, sistem moda transportasi mereka yang baik tidak hanya di sarana fisik nya saja akan tetapi juga ditunjang dengan sarana tiketnya yang mudah dan praktis. Saya pikir jika kita berkunjung lama atau tinggal cukup lama di SG, maka tidak ada salahnya memiliki kartu tiket MRT ini, sebab menurut saya lebih praktis, saya tidak perlu beli tiket setiap mau masuk stasiun MRT jadi tinggal tap saja.

Untuk masalah mana yang lebih hemat antara beli tiket MRT setiap mau naik kereta atau menggunakan kartu ini, saya belum siap membuat perbandingannya. Saya jujur tidak tau. Suatu saat akan saya pelajari lagi. Pertimbangan saya hanya semata-mata kepraktisan aja ;)

Untuk pertama kalinya kita bisa membeli kartu perdana untuk tiket MRT ini di Outlet Ticket Service di Stasiun besar. Stasiun itu diantaranya stasiun MRT Bandara Changi, Dhoby Gaut, City Hall dll Kartu perdana ini harganya SGD $ 3 dan setiap top up minimal SGD $ 10. Saya sih merasa terbantu banget pake kartu ini karena jadi lebih gampang naik MRT ga perlu tiap saat beli tiket, cuma saldonya emang kudu diperhatiin juga biar ga “mepet” trus ga bisa masuk.

Kartu lama EZLink

Kartu lama EZLink

Alhamdulillah, sejak saya beli sampai sekarang kartu saya ini lumayan laku juga di pinjam oleh teman-teman saya jika ingin ke SG. Mereka jadi tidak perlu beli kartu perdana, mereka hanya tinggal top up saja jika ingin menggunakannya.

Tahun 2014 Ganti Kartu

Nah pada tahun 2014 saya ke SG ketemu sist Any dan keluarga. Sist Any bilang kartu MRT punya saya diatas itu sudah akan expired. Dia sarankan saya untuk ke ticket center di stasiun City Hall yang deket dengan hotel saya. Katanya bisa diganti kartu itu ama yang baru.

Saya cek informasi itu ke website resmi EZ link di www.ezlink.com.sg

Ternyata di tautan (link) itu bisa di cek bener ga kartu kita emang akan habis atau expired. Benar saja kartu saya termasuk yang akan expired di tahun 2014 ini. Wah pas banget nih, pas saya ke SG ada pergantian kartu… Thx juga untuk sis Any yang sudah kasih info.

Laman website EZ Link untuk mengetahui status kartu lama kita

Laman website EZ Link untuk mengetahui status kartu lama kita

Saya pun segera datangi ticket office di stasiun MRT terdekat. Seperti lazimnya layanan jasa di SG maka ticket office di SG yang saya datangi dijaga oleh wanita paruh baya. Ia dengan sabar melayani permintaan saya untuk menukar kartu. Sayangnya ketika saya akan menukar kartu ternyata kartu yang free atau “gratisan” sudah habis :(

Saya ditawari untuk membeli kartu MRT dengan tema khusus yaitu: “Special Justice League Cards” yang tentunya harus bayar sebesar $ 3 SGD. Saya salut dengan layanan wanita di ticket office itu yang bolak balik memastikan bahwa untuk mendapat pergantian tiket itu harus bayar. Mungkin dia tau saya orang asing dan ingin memastikan saya sebagai konsumen setuju. Saya memang sudah setuju dan ga ada masalah dengan itu. Si ibu di tiket box itu juga menyatakan harga tiket baru itu akan ia debet dari saldo tiket lama. Proses nya memang agak sedikit lama, saya tidak tau apa karena prosesnya yg ribet atau si ibu yang memang sudah tua.

Akhirnya kartu baru saya sudah selesai datanya disalin dari kartu lama, plus satu kartu saya top up juga. Saya milih kartu yang gambarnya Batman ama Robin :)

Kartu Baru

Kartu Baru

Trus apa dong kelebihan dari kartu ini selain bisa dipake buat naik MRT di SG?
Ternyata kartu ini katanya sudah dilengkapi dengan asuransi oleh ACE insurance Limited, mudah melakukan top up melalui DBS/POSB dan bisa mendapat diskon, rewards dll.
Bahkan dari selebaran yang saya baca kartu ini bisa dipake juga untuk bayar di 7-eleven, Guardian Health & Beauty, Giant, Cold Storage Food Junction, Toast@Work, Taxis/ERP, Carpark/Bus/MRT and more
Teman saya Any bilang bahkan kalo berenang di kolam renang publik kita bisa bayar pake kartu ini.

So kartu ini menurut saya membuat semuanya menjadi semakin mudah dan praktis. Tinggal kita top up saja maka bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan…

Simple & Easy!

 

 

 

 

 

Share this:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>