marina3

Narsis Trip di SG 2009

Setelah sekian lama merencanakan akhirnya kesampaian juga rencana gue jalan-jalan ke SG. Gue ga mau sendirian untuk jalan-jalan kali ini, maka gue minta adik gue Dany Himawan D untuk temenin.

Sebelum berangkat kita persiapkan semua dokumen. Gue udah punya paspor kalo adik gue belum punya paspor. Jadinya dia bikin paspor. Selain itu gue udah punya NPWP sementara adik gue belum punya NPWP jadinya dia bikin NPWP dulu. NPWP ini berguna biar kita ga perlu bayar fiskal ke SG.

Setelah memperhitungkan tanggal yang pas buat gue cuti dan adik gue juga cuti ngajar, maka kita tetapkan untuk pergi ke SG tanggal 21 sd 23 Mei 2009. Kita pergi ala gembelan aja nekat. Walau demikian tetap semua persiapan dilakukan dengan cermat. Mulai booking tiket pesawat Air Asia yg kita booking dari jauh-jauh hari. Terus hotel yang kita booking juga dari Jakarta.

Kita milih stay di Tai Hoe Hotel Jl. Kitchener dekat sekali ama pusat perbelanjaan Mustafa Center yang terkenal itu. Letak hotel Tai Hoe ini tidak jauh dari Stasiun MRT Farrer Park. Dari Stasiun MRT Farrer Park gampang sekali menemukan hotel ini. (Terimakasih banyak kepada sista Adinda Erisyanita yg sudah kasih referensi hotel ini).

Mustafa Shopping Center ini sangat dekat dengan Stasiun MRT Farrer Park dan juga Hotel Tai Hoe. selain itu Mustafa buka 24 Jam. Jika ke Singapore saran saya memang sebaiknya luangkan waktu buat belanja terutama buat beli oleh-oleh seperti coklat karena disini murah. Jika berminat membeli parfum disini banyak dijual parfum bermerek dengan harga discount. Atau jika ingin membeli Tas baik tas koper atau tas kerja, harganya cukup miring. Di Mustafa jual apapun komplit. Mulai dari kebutuhan kelontong sehari-hari seperti di Supermarket, alat elektronik seperti TV,  sampai jual beli jam, perhiasan emas dll pokoknya disini komplit dan harganya miring tapi sudah ga perlu nawar lagi.

Setelah mendarat di Changi kita mencari akses dari bandara ke stasiun MRT Terdekat. Dari stasiun MRT di Bandara kita menuju ke Stasiun Tanah Merah. Dari Stasiun MRT Tanah Merah kita naik MRT dengan tujuan Joo Koon (kodenya: Hijau (Green) – East West Line). Karena kita mau ke Farrer Park, maka kita bisa capai dengan 2 cara:

1. cara pertama kita turun di Outram Park (EW16) trus pindah ke MRT tujuan Punggol (kode: Ungu (purple) – North East Line). Nanti turun di stasiun MRT Farrer Park (NE8). Ini cara paling simpel.
  2. Tapi karena saya ngga sabar dan sekaligus pengen jalan-jalan, Saya turun di City Hall dari City Hall pindah MRT tujuan Jurong East (kode: merah – North South Line) NE25, cuma jalan satu stasiun saya turun di Dhoby Ghaut NS24 trus pindah MRT tujuan Punggol (kode: Ungu (purple) – North East Line) yang sama ama rute pertama, trus nanti turun di stasiun MRT Farrer Park (NE8).

Pada tahun 2009 ini Circle Line (kode: Oranye) sedang dibangun, sehingga saya menggunakan dua rute diatas. Rute MRT Circle Line memotong jalur dari Tanah Merah ke Joo Koon, sehingga jika ke Farrer park bisa dapat lebih singkat lagi. Ditahun 2010 ketika  saya kembali lagi ke SG maka rute ini sudah jadi. (Baca juga cerita saya ke SG di tahun 2010).

Singkatnya saya dapat mencapai hotel Tai Hoe dengan mudah. Hotel Tai Hoe cukup nyaman, walaupun bagi kita orang Indonesia yang biasa punya lahan luas hotel ini terasa sempit ;) Namun wajar lah di Singapore tidak ada bangunan yg boros lahan  dan luas seperti di Indonesia. Ulasana mengenai Hotel Tai Hoe, silahkan dibaca dalam artikel ulasan hotel-hotel yang saya tempati selama di Singapore.

Selama di Singapore saya menghabiskan waktu sesuai itinerary yang telah saya susun sewaktu di Jakarta.