Mie Yamin - Mie Ayam Theresia

(Kuliner): Aneka Mie Ayam/Bakso Favorit

Saya tuh senang banget makan mie. Mulai dari mie instan buatan ibuku sampai Mie Ayam yang ada di resto. Ada beberapa Mie yang saya suka beli seperti Bakmi GM, Bakmi Margonda dan lain-lain, tapi ada Mie Ayam lain yang menurut saya bukan mie pasaran (yang banyak outletnya) dan menurut saya enak atau recommended boleh dicoba buat penggemar kuliner terutama penggemar Mie seperti saya ;)

Sejak saya kos dan punya temen kosan bro Felix yg juga doyan banget makan Mie, maka saya jadi makin doyan makan Mie. Saya coba ulas ya Mie ayam pilihan saya itu, semoga berkenan dan membantu :)

 

A. MIE AYAM THERESIA

Mie Theresia Kemang

Mie Theresia Kemang

Mie ayam ini sudah saya kenal cukup lama, yaitu sejak saya kerja di Bukopin. Seingat saya gank 9ers (atau anak-anak lantai 9) lah yg memperkenalkan saya dengan mie ayam ini. Kemudian sewaktu saya kerja di Bank Saudara pun saya pernah beli Mie Ayam ini untuk konsumsi makan siang sewaktu sesi pemotretan iklan Billboard bu Widyawati. Bu Widyawati sendiri yang usulin Mie Ayam ini.

Emang sih kalo kita berkunjung ke lokasi resto Mie Ayam Theresia di jl. Kemang Selatan Raya No 109A maka kita bisa liat di dindingnya banyak piring-piring yang sudah ditandatangani para artis. Jadi memang sepertinya mie ini sudah cukup dikenal oleh para selebritis Indonesia.

Saat saya datang lagi ke Mie Ayam Theresia tanggal 18 Oktober 2014 untuk satu porsi Mie Ayam Yamin Bakso dan Pangsit Goreng harganya Rp. 22.000,-  Selain menu Mie Ayam disini juga ada berbagai menu makanan lainnya, seperti Nasi Goreng, Kwetiau dll, saya ga hapal semua. Tapi menurut saya yang paling utama buat saya ya Mie Ayamnya.

Mie Yamin - Mie Ayam Theresia

Mie Yamin – Mie Ayam Theresia

Saya sih suka dengan Mie Ayam Theresia. Mie nya enak, baksonya juga enak. Pangsit gorengnya juga saya suka, karena besar-besar. Tapi bro Felix teman saya merasa kurang sreg ama Mie nya, menurut dia masih kalah enak ama Mie Gamat di Pejompongan (nanti kita baca review Mie Gamat di bawah).

Peta Mie Theresia

Peta Mie Theresia

Mie Ayam Theresia ini mudah dijangkau karena berada di kawasan Kemang. Tapi lokasinya bukan di Kemang Raya, lebih tepatnya di jl. Kemang Selatan Raya No 109A, yang lebih dekat ke arah Ampera dan Pejaten. Jika kita tidak bisa datang ke lokasi bisa Delivery Order di No 021-7197674. Khusus untuk delivery sekitar Kemang bebas dari biaya delivery, sedangkan untuk daerah di luar itu saya tidak tau berapa biaya deliverynya.

Kalo untuk saya Mie Ayam Theresia ini termasuk enak dan harganya seporsi Rp. 22.000,- masih bisa diterima, apalagi kalo kita liat lokasinya yang sudah dikawasan Kemang.

 

B. MIE GAMAT

Mie Ayam Gamat itu mulai saya kenal sejak saya kerja di Badan Regulator PAM DKI Jakarta. Lokasi kantor saya di Pejompongan, sementara lokasi resto Mie Gamat ini di Jalan  Danau Toba. Jarak kantor ke Mie Gamat sekitar 300 meter.

Saya kenal Mie Gamat sejak dibeliin makan siang oleh staf kantor saya si Tarwan. Seperti saya sudah sampaikan diawal tadi, saya suka sekali mie. Saya tanya “Mie apa yg enak disekitar sini Wan?” Kata Tarwan “ada Mie Gamat pak”. Ya udah saya cobain aja. Setau saya Mie ayam yang ditawarkan selain Mie Ayam biasa juga ada Mie Yamin, standar lah dengan mie ayam lainnya.

Mie Gamat

Mie Gamat

Nah Mie Ayam Gamat ini menurut saya memang enak, kalo bro Felix suka sekali dengan mie nya yang rasanya kenyal-kenyal gurih gitu. Kalo saya selain mie nya enak bumbu kuahnya juga memang enak. Ayam yang disuir-suirnya juga enak. Baksonya juga enak. Kata teman saya sih dan sudah saya konfirmasi juga dengan peracik Mie Gamat ini Mie Gamat ini berbahan tripang. Gamat itu artinya katanya tripang (sea cucumber).

Hanya kekurangannya buat saya, bentuk pangsit nya adalah kerupuk kecil-kecil, bukan berbentuk pangsit goreng yang besar seperti biasanya. Hal ini mungkin karena pangsit nya sudah ada yang rebusnya. Jadi kerupuk kecil ini sebagai pelengkapnya saja. Sebenarnya kalo buat saya akan lebih pas jika pangsitnya bisa dipilih, mau direbus atau goreng, sbb saya lebih suka pangsit goreng. Tapi its oke lah, kalo pangsit ini masih bisa ditolerir.

Jika rasa nya enak, maka bagaimana dengan harganya? Harga per porsi nya Rp. 17.000,- menurut saya masih bagus banget harga segitu apalagi rasanya enak dan porsinya banyak. Tapi jgn bandingkan porsi saya dengan pak Felix, sbb pak Felix makan Mie Gamat tetap minta nambah porsi lagi hahahaha :D

Satu kekurangan dari Mie Gamat adalah lokasinya yang “nyelip” tidak dipinggir jalan utama, bahkan berada ditengah pemukiman penduduk didaerah seputar Pejompongan Bendungan Hilir. Saya aja kalo ngga ngantor ama Kos disini ga tau kalo ada mie Gamat. Mie Gamat ini berlokasi di halaman dan garasi sebuah rumah di Jl. Danau Toba, di depan Mie Gamat ini ada sekolah SD Negeri. Sebelahnya ada kantor2 kecil dan salon.

Peta Mie Gamat

Peta Mie Gamat

Jika Mie Gamat ini membuka franchise saya pikir akan bagus sekali, dan lokasinya dicarikan di tempat yang lebih strategis. Tempat yang sekarang walaupun “nyempil” banyak juga pengunjungnya, terutama pas jam makan siang. Saya bayangkan kalo tempatnya lebih strategis dan lebih besar, pasti akan lebih rame lagi… Jadi pengen juga buka franchisenya di Depok :)

Mie Gamat ini ternyata buka sejak pagi jam 05.30 sampai malam. Tapi mie Gamat ini sebenarnya jam 17.30 itu ada pergantian shift jualan. Kabarnya sih kakaknya yg gantian jualan, jadi antara pagi dan malam itu beda yang masak. Kalo pagi adiknya sementara malam kakaknya. Kalo jam tutup nya saya lupa tanya.

Oh ya kalo malam hari mereka jual Kopi Luwak. Untuk Kopi luwak yg hasil ternak per gelas Rp. 10.000,- tapi kalo Kopi Luwak hasil liar per gelas Rp. 40.000,-

 

C. MIE AYAM GONDANGDIA

Nah kalo ini sih Mie Ayam yang sudah terkenal banget, siapa yang ga tau ama Mie Ayam ini?
Kabarnya Mie Ayam ini sudah ada sejak tahun 60-an, pemiliknya seorang keturunan Tionghoa. Mie ini sudah terkenal dan dinilai sebagai Mie Ayam yang enak di Jakarta.

Saya sendiri setuju dengan pendapat yg menyatakan Mie Ayam ini enak karena memang enak. Bakso nya juga enak dan juga Pangsit gorengnya besar, walaupun daging ditengahnya kurang besar.  Porsinya juga pas buat saya, ga bikin kenyang banget. Tapi jangan dibandingin ama bro Felix lagi hahahaha dia tetap nambah porsinya… saya pikir memang wajar kalo bro felix ini nambah terus sebab badannya dia badan pemain basket, sementara badan saya kan kecil & imut hahahaha ;)

Kalo untuk harga per porsinya saya tidak terlalu ingat, sebab saya tidak dapat print out bon nya. Tapi seingat saya untuk Mia Ayam Bakso Pangsit Gorengnya seporsi itu Rp. 30.000,- Memang diantara semua Mie Ayam yang sudah saya coba diatas tsb, mie ayam ini paling mahal harganya. Tapi melihat reputasi nya mungkin harga tersebut masih wajar.

Mie Yamin - Mie Gondangdia

Mie Yamin – Mie Gondangdia

Satu yang kurang menurut saya adalah lokasi dan bangunannya yang kurang mendukung. Lokasi di Jl. RP. Soeroso No. 36 Gondangdia memang sangat bagus di tengah kota Jakarta, sangat prestisius, tidak jauh dari Menteng dan wilayah Jakarta Pusat. Tapi karena lokasinya langsung di pinggir jalan dan bangunan lama, maka parkirannya sulit. Saya susah sebenarnya parkir di depan Mie ayam ini, apalagi kalo pas jam-jam penuhnya. Bangunannya sendiri pun sudah kuno, alias bangunan lama yang sedikit lusuh. Jika harga perporsinya Rp. 30.000, – akan lebih baik jika bangunannya di rehab dan disediakan lahan parkir yang memadai, sehingga tidak parkir di jalan.

Tapi memang tempat makan enak di Jakarta itu sepertinya standarnya gitu, susah parkir dan bangunannya lusuh dan kusam. Mungkin itu yang bikin enak dan ramai pengunjung hahahaa :D

Peta Mie Ayam Gondangdia

Peta Mie Ayam Gondangdia

Untuk menjangkau Mie Ayam Gondangdia ini sangat mudah. Apabila dari arah Latuharhari maka kita cukup susuri jalan Cik Di Tiro.  Mie Ayam Gondangdia ini ada di sebelah kiri jalan, jika sudah melihat jalur layang KRL Commuteline maka siap-siap kurangi kecepatan kendaraan anda, karena setelah melewati kolong jalur layang KRL tersebut kita akan langsung temui Mie Ayam tersebut.

 

Next Review… (istirahat nulis dulu)

Mie Megaria

Mie Akung Lodaya Bandung

 

 

Share this:

3 replies
  1. okta
    okta says:

    mie ayam roxy juga enak Bas….dulu ada di jalan sabang, ga tahu deh sekarang ada dimana dia….
    tempat bakmie roxy ini pake terpal, diatas trotoar. kalo dari kebon sirih, nanti dia di sebelah kiri, setelah duta suara

    :)

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>