BPJS Ketenagakerjaan Ruko ITC Depok

Mancairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan e-Klaim (2018)

Di awal tahun 2018 ini saya kembali lagi mengurus pencairan JHT di BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK). Kali ini adalah untuk keanggotaan BPJS TK saya disebuah instansi dimana saya berhenti pada tahun 2015.

Mengapa saya baru urus pencairannya sekarang? Karena dulu saat berhenti sayatidak langsung minta surat keterangan berhenti kerja (atau Paklaring) dari kantor.  Saya sendiri awalnya terpikir mau melanjutkan keanggotaan BPJS TK ini, namun ternyata tetap dibutuhkan surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan terdahulu.

Akhirnya karena tanggung dan beberapa pertimbangan lainnya, saya tutup saja keanggotaan saya dan akhirnya mencairkan JHT.

Untuk pencairan kali ini tidak seperti pencairan JHT BPJS TK sebelumya yang pernah saya ceritakan di sini: http://harribaskoro.com/mancairkan-bpjs-ketenagakerjaan-di-kota-depok
Pencairan JHT kali ini saya menggunakan fasilitas e-klaim, yaitu proses pencairan dengan mengajukan klaim pencairan secara daring (online) melalui website.

 

Berikut saya akan menceritakan langkah-langkahnya:

 

1. Buka website di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Untuk mengakses atau Log in  di website ini anda harus sudah punya username dan password. JIka belum punya maka anda bisa mendaftarkannya di website ini di tautan: https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs.
Jika anda sudah memiliki username dan password maka setelah Log in langkah selanjutnya adalah masuk ke bagiane-Klaim JHT” di tautan ini: https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim.bpjs

 

2. Isi Form pengajuan dan upload (unggah) dokumen lampiran

Setelah masuk ke bagian e-klaim JHT, maka akan terlihat laman “Klaim Elektronik” dibawahnya tertulis formulir pengajuan klaim. Untuk kolom “pilihan aksi” pilih “Pengajuan Klaim”. Kemudian pilih salah satu jenis klaim anda. Khusus untuk saya karena saya mengundurkan diri maka saya pilih “MENGUNDURKAN DIRI”. Kemudian klik tombol “Submit Form”.

Selanjutnya isi form sesuai kolom yang tersedia. Jangan lupa saat mengisi form disini pilih kantor BPJS yang akan anda tuju untuk melakukan proses pencairan. Saya pilih kantor cabang BPJS TK di Depok. Saya tidak paham apakah jika anda mengajukan secara e-klaim boleh memilih kantor cabang BPJS secara bebas dimana saja.

Nah yang harus dipersiapkan sebelumnya oleh anda adalah scan atas dokumen-dokumen berikut:
1. Kartu Kepesertaan BPJS TK
2. KTP
3. Kartu Keluarga
4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja
5. Scan halaman Identitas di Buku Tabungan

Keempat dokumen ini ukurannya minimal 100 kb dan maksimal berapa Mb saya lupa. Intinya jangan terlalu kecil juga. Saya mengalami ketika scan KTP saya terlalu kecil hasil scan nya < 100 kb maka akibatnya proses submit dokumen saya gagal. Oleh sebab itu ukuran file dokumen agar diperhatikan.

 

3. Menerima Konfirmasi Email dan Panggilan untuk ajukan klaim

Setelah anda mengisi formulir dan melampirkan dokumen, maka selanjutnya anda akan menerima email konfirmasi bahwa formulir pengajuan anda telah diterima. Biasanya email notifikasi ini tidak terlalu lama akan anda terima.

Dalam email notifikasi tersebut akan disampaikan bahwa pengajuan e-klaim sudah diterima dan akan diproses dalam waktu 2×24 jam untuk selanjutnya akan dipanggil.

Email notifikasi tersebut seperti ini:

Email notifikasi

Email notifikasi

Selanjutnya tidak sampai 2X24 jam, hanya sehari saja, saya sudah menerima panggilan dari kantor BPJS TK cabang Depok. Intinya saya dipanggil datang pada hari Senin tanggal 29 Januari 2018, dengan membawa semua dokumen asli dari dokumen yang telah dilampirkan sebelumnya.

Berikut adalah email panggilan tersebut:

Email Panggilan klaim

Email Panggilan klaim

 

4. Mengajukan Klaim di BPJS kantor cabang Depok

Pada hari dan tanggal yang telah ditentukan dalam undangan saya datang ke kantor BPJS TK cabang Depok yang lokasinya masih sama yaitu di: JL. MARGONDA RAYA NO. 56 KOMPLEK RUKO ITC DEPOK NO. 19-20, DEPOK 16431.

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Saya tiba sekitar pukul 08.30 WIB. Kantornya masih sama seperti dulu saya mengurus pencairan JHT di awal tahun 2016. Kantornya masih kecil seperti dulu. Namun sekarang di halaman depan diberi tenda untuk menunggu.

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Saya datang langsung ke Satpam di depan pintu kantor, saya sodorkan smartphone saya dan perlihatkan email panggilan yang sudah saya terima. Langsung oleh satpam tersebut saya diberikan formulir untuk diisi dan map plastik bening. Formulir itu saya isi di meja pengisian formulir dalam kantor.

Setelah formulir telah saya isi maka tidak lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen dalam map plastik bening tadi. Dokumen tersebut adalah:
1. Kartu Kepesertaan BPJS TK (Asli)
2. KTP (Asli dan Foto Copy)
3. Kartu Keluarga (Asli dan Foto Copy)
4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja (Asli dan Foto Copy)
5. Scan halaman Identitas di Buku Tabungan (Foto Copy)

Setelah selesai dan siap semua maka saya sampaikan ke satpam di dalam ruangan bahwa pengisian sudah selesai. Kemudian satpam itu memberikan saya nomor antrian. Saya mendapat nomor antrian A0006.

Setelah mendapat nomor antrian maka saya menunggu di dalam ruangan tunggu. Saat saya menunggu lumayan juga antrian sudah di nomor A0003. Sehingga saya perkirakan tidak lama saya akan dipanggil.

Benar saja, saya tidak perlu menunggu terlalu lama, sekitar 30 menitan saya sudah dipanggil ke Customer Service (CS) untuk ajukan klaim. Jadi dengan saya mengajukan melalui e-klaim saya sudah melewati satu tahapan yang memakan waktu yaitu proses verifikasi dokumen, sehingga saya bisa langsung datang untuk klaim JHT dengan memperlihatkan dokumen asli.

Di CS saya serahkan formulir dan dokumen lampirannya, serta perlihatkan semua dokumen asli. Sekitar 10 menit di proses dan di verifikasi tidak lama saya sudah boleh pulang dan dana pencairan disampaikan oleh CS akan ditransfer paling cepat 7 hari dan paling lama 14 hari kerja.

Seluruh proses tadi selesai sebelum jam 09.30 sehingga saya bisa langsung melanjutkan pergi ke kantor.

Ternyata saya ajukan klaim pencairan hari Senin di hari Rabu lusanya dana hasil pencairan JHT sudah masuk di rekening saya di BCA. Dengan demikian saya telah sukses mencairkan JHT saya dengan menggunakan e-klaim.

Demikian cerita saya mencairkan JHT di BPJS TK Cabang Depok melalui fasilitas e-klaim. Proses pengajuannya jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan cara yang konvensional alias tanpa lewat e-klaim. Sehingga saya sarankan bagi anda yang akan mencairkan JHT sebaiknya gunakan fasilitas e-klaim ini untuk mempersingkat dan mempermudah pencairan JHT anda.

Share this:

2 replies
  1. Rahmat Basuki Raharjo
    Rahmat Basuki Raharjo says:

    Dear Pak Baskoro,

    Mohon informasinya, apakah pada saat bapak mengajukan pencairan JHT diatas, status bapak sedang bekerja di perusahaan baru dan sudah menerima BPJS Ketenagakerjaan baru dari perusahaan atau sedang tidak bekerja?
    Saat ini saya juga sedang mengajukan klaim JHT BPJS di perusahaan lama, dan sudah menerima email pemberitahuan seperti yang bapak lampirkan diatas (tanggal 06 februari 2018 saya diminta untuk dating ke kantor BPJS) namun saat ini status saya sudah bekerja di perusahaan baru dan sudah mendapat BPJS Ketenagakerjaan yang baru dari perusahaan sekarang. Apakah JHT di perusahaan lama saya masih bisa cair? Mohon sharingnya. Terimakasih.

    Salam,
    Rahmat B Raharjo

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Dear pak Rahmat B.R.,
      Sesuai dengan cerita saya di artikel pak, saya sedang akan membuat keanggotaan baru. Hal ini terkait dengan rencana saya untuk ikut JHT yang independen.
      Saat ini saya tidak menerima BPJS TK dari kantor manapun karena saya wiraswasta.
      Terkait dengan kondisi Bapak Rahmat, apakah Bapak menerima BPJS di kantor baru dengan menggunakan kartu atau keanggotaan yang lama (disambung) atau bikin baru pak?
      Kalo disambung maka tidak bisa pak dicairkan. Tapi dugaan saya bapak dibikinkan baru. Kenapa saya duga demikian? Karena bapak masih dipanggil untuk datang ke kantor BPJS untuk ajukan klaim. Tandanya BPJS melihat keanggotaan bapak sudah tidak diperpanjang di kantor baru.
      Sementara demikian dulu jawaban dari saya.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>