BPJS Ketenagakerjaan Ruko ITC Depok

Mancairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan e-Klaim (2018)

Di awal tahun 2018 ini saya kembali lagi mengurus pencairan JHT di BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK). Kali ini adalah untuk keanggotaan BPJS TK saya disebuah instansi dimana saya berhenti pada tahun 2015.

Mengapa saya baru urus pencairannya sekarang? Karena dulu saat berhenti sayatidak langsung minta surat keterangan berhenti kerja (atau Paklaring) dari kantor.  Saya sendiri awalnya terpikir mau melanjutkan keanggotaan BPJS TK ini, namun ternyata tetap dibutuhkan surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan terdahulu.

Akhirnya karena tanggung dan beberapa pertimbangan lainnya, saya tutup saja keanggotaan saya dan akhirnya mencairkan JHT.

Untuk pencairan kali ini tidak seperti pencairan JHT BPJS TK sebelumya yang pernah saya ceritakan di sini: http://harribaskoro.com/mancairkan-bpjs-ketenagakerjaan-di-kota-depok
Pencairan JHT kali ini saya menggunakan fasilitas e-klaim, yaitu proses pencairan dengan mengajukan klaim pencairan secara daring (online) melalui website.

 

Berikut saya akan menceritakan langkah-langkahnya:

 

1. Buka website di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Untuk mengakses atau Log in  di website ini anda harus sudah punya username dan password. JIka belum punya maka anda bisa mendaftarkannya di website ini di tautan: https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs.
Jika anda sudah memiliki username dan password maka setelah Log in langkah selanjutnya adalah masuk ke bagiane-Klaim JHT” di tautan ini: https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim.bpjs

 

2. Isi Form pengajuan dan upload (unggah) dokumen lampiran

Setelah masuk ke bagian e-klaim JHT, maka akan terlihat laman “Klaim Elektronik” dibawahnya tertulis formulir pengajuan klaim. Untuk kolom “pilihan aksi” pilih “Pengajuan Klaim”. Kemudian pilih salah satu jenis klaim anda. Khusus untuk saya karena saya mengundurkan diri maka saya pilih “MENGUNDURKAN DIRI”. Kemudian klik tombol “Submit Form”.

Selanjutnya isi form sesuai kolom yang tersedia. Jangan lupa saat mengisi form disini pilih kantor BPJS yang akan anda tuju untuk melakukan proses pencairan. Saya pilih kantor cabang BPJS TK di Depok. Saya tidak paham apakah jika anda mengajukan secara e-klaim boleh memilih kantor cabang BPJS secara bebas dimana saja.

Nah yang harus dipersiapkan sebelumnya oleh anda adalah scan atas dokumen-dokumen berikut:
1. Kartu Kepesertaan BPJS TK
2. KTP
3. Kartu Keluarga
4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja
5. Scan halaman Identitas di Buku Tabungan

Keempat dokumen ini ukurannya minimal 100 kb dan maksimal berapa Mb saya lupa. Intinya jangan terlalu kecil juga. Saya mengalami ketika scan KTP saya terlalu kecil hasil scan nya < 100 kb maka akibatnya proses submit dokumen saya gagal. Oleh sebab itu ukuran file dokumen agar diperhatikan.

 

3. Menerima Konfirmasi Email dan Panggilan untuk ajukan klaim

Setelah anda mengisi formulir dan melampirkan dokumen, maka selanjutnya anda akan menerima email konfirmasi bahwa formulir pengajuan anda telah diterima. Biasanya email notifikasi ini tidak terlalu lama akan anda terima.

Dalam email notifikasi tersebut akan disampaikan bahwa pengajuan e-klaim sudah diterima dan akan diproses dalam waktu 2×24 jam untuk selanjutnya akan dipanggil.

Email notifikasi tersebut seperti ini:

Email notifikasi

Email notifikasi

Selanjutnya tidak sampai 2X24 jam, hanya sehari saja, saya sudah menerima panggilan dari kantor BPJS TK cabang Depok. Intinya saya dipanggil datang pada hari Senin tanggal 29 Januari 2018, dengan membawa semua dokumen asli dari dokumen yang telah dilampirkan sebelumnya.

Berikut adalah email panggilan tersebut:

Email Panggilan klaim

Email Panggilan klaim

 

4. Mengajukan Klaim di BPJS kantor cabang Depok

Pada hari dan tanggal yang telah ditentukan dalam undangan saya datang ke kantor BPJS TK cabang Depok yang lokasinya masih sama yaitu di: JL. MARGONDA RAYA NO. 56 KOMPLEK RUKO ITC DEPOK NO. 19-20, DEPOK 16431.

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Saya tiba sekitar pukul 08.30 WIB. Kantornya masih sama seperti dulu saya mengurus pencairan JHT di awal tahun 2016. Kantornya masih kecil seperti dulu. Namun sekarang di halaman depan diberi tenda untuk menunggu.

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Kantor BPJS TK Cabang Depok

Saya datang langsung ke Satpam di depan pintu kantor, saya sodorkan smartphone saya dan perlihatkan email panggilan yang sudah saya terima. Langsung oleh satpam tersebut saya diberikan formulir untuk diisi dan map plastik bening. Formulir itu saya isi di meja pengisian formulir dalam kantor.

Setelah formulir telah saya isi maka tidak lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen dalam map plastik bening tadi. Dokumen tersebut adalah:
1. Kartu Kepesertaan BPJS TK (Asli)
2. KTP (Asli dan Foto Copy)
3. Kartu Keluarga (Asli dan Foto Copy)
4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja (Asli dan Foto Copy)
5. Scan halaman Identitas di Buku Tabungan (Foto Copy)

Setelah selesai dan siap semua maka saya sampaikan ke satpam di dalam ruangan bahwa pengisian sudah selesai. Kemudian satpam itu memberikan saya nomor antrian. Saya mendapat nomor antrian A0006.

Setelah mendapat nomor antrian maka saya menunggu di dalam ruangan tunggu. Saat saya menunggu lumayan juga antrian sudah di nomor A0003. Sehingga saya perkirakan tidak lama saya akan dipanggil.

Benar saja, saya tidak perlu menunggu terlalu lama, sekitar 30 menitan saya sudah dipanggil ke Customer Service (CS) untuk ajukan klaim. Jadi dengan saya mengajukan melalui e-klaim saya sudah melewati satu tahapan yang memakan waktu yaitu proses verifikasi dokumen, sehingga saya bisa langsung datang untuk klaim JHT dengan memperlihatkan dokumen asli.

Di CS saya serahkan formulir dan dokumen lampirannya, serta perlihatkan semua dokumen asli. Sekitar 10 menit di proses dan di verifikasi tidak lama saya sudah boleh pulang dan dana pencairan disampaikan oleh CS akan ditransfer paling cepat 7 hari dan paling lama 14 hari kerja.

Seluruh proses tadi selesai sebelum jam 09.30 sehingga saya bisa langsung melanjutkan pergi ke kantor.

Ternyata saya ajukan klaim pencairan hari Senin di hari Rabu lusanya dana hasil pencairan JHT sudah masuk di rekening saya di BCA. Dengan demikian saya telah sukses mencairkan JHT saya dengan menggunakan e-klaim.

Demikian cerita saya mencairkan JHT di BPJS TK Cabang Depok melalui fasilitas e-klaim. Proses pengajuannya jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan cara yang konvensional alias tanpa lewat e-klaim. Sehingga saya sarankan bagi anda yang akan mencairkan JHT sebaiknya gunakan fasilitas e-klaim ini untuk mempersingkat dan mempermudah pencairan JHT anda.

Share this:

36 replies
  1. Rahmat Basuki Raharjo
    Rahmat Basuki Raharjo says:

    Dear Pak Baskoro,

    Mohon informasinya, apakah pada saat bapak mengajukan pencairan JHT diatas, status bapak sedang bekerja di perusahaan baru dan sudah menerima BPJS Ketenagakerjaan baru dari perusahaan atau sedang tidak bekerja?
    Saat ini saya juga sedang mengajukan klaim JHT BPJS di perusahaan lama, dan sudah menerima email pemberitahuan seperti yang bapak lampirkan diatas (tanggal 06 februari 2018 saya diminta untuk dating ke kantor BPJS) namun saat ini status saya sudah bekerja di perusahaan baru dan sudah mendapat BPJS Ketenagakerjaan yang baru dari perusahaan sekarang. Apakah JHT di perusahaan lama saya masih bisa cair? Mohon sharingnya. Terimakasih.

    Salam,
    Rahmat B Raharjo

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Dear pak Rahmat B.R.,
      Sesuai dengan cerita saya di artikel pak, saya sedang akan membuat keanggotaan baru. Hal ini terkait dengan rencana saya untuk ikut JHT yang independen.
      Saat ini saya tidak menerima BPJS TK dari kantor manapun karena saya wiraswasta.
      Terkait dengan kondisi Bapak Rahmat, apakah Bapak menerima BPJS di kantor baru dengan menggunakan kartu atau keanggotaan yang lama (disambung) atau bikin baru pak?
      Kalo disambung maka tidak bisa pak dicairkan. Tapi dugaan saya bapak dibikinkan baru. Kenapa saya duga demikian? Karena bapak masih dipanggil untuk datang ke kantor BPJS untuk ajukan klaim. Tandanya BPJS melihat keanggotaan bapak sudah tidak diperpanjang di kantor baru.
      Sementara demikian dulu jawaban dari saya.

      Reply
  2. Alda Agustina
    Alda Agustina says:

    Pak Baskoro, saya mw tanya apakah ketika pencairan surat keterangan berhenti bekerja atau parklaring nya itu surat biasa ? Atau yg ditujukan untuk ke disnaker? Saya sedang akan mencairkan tp yg saya punya hanya surat parklaring biasa, apakah bisa menggunakan itu?

    Reply
  3. Suwandi
    Suwandi says:

    Dear bapak /ibu.
    Saya mengalami kesulitan login karena waktu mendaftarkan menggunakan email kantor. Setelah tudak lagi bekerja maka email dihapus oleh kantor.
    Register ulang tidak bisa karena nomor KPJ sdh terdaftar.
    Bagaimana solusi untuk mengganti email tersebut menjadi email pribadi.
    Terima kasih & salam

    Suwandi

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Bapak Suwandi,
      Saran saya bapak sebaiknya datang ke kantor BPJSTK terdekat untuk dibantu merubah setting emailnya. Saya pribadi tidak tau bagaimana merubahnya.

      Reply
  4. Dewi
    Dewi says:

    Selamat siang pak. Mau bertanya. Email konfirmasi acc dokumen dan jadwal datang ke bpjstk tidak sampai 2 hari ya pak?
    Sy juga pengajuan e-klaim tgl 7 maret dan sampai sekarang 9 maret belum ada konfirmasi acc dok dan jadwalnya.
    Sudah saya tanyakan sih ke cust care katanya 2x24jam sampai jam 00.00

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Bu Dewi,
      Betul, waktu itu mungkin saya cepat diresponnya karena kantor cabang BPJSTK Depok sedang sedikit yg ajukan pencairan.
      Saya khawatir di cabang lokasi ibu minta pencairan sedang banyak yg ajukan pencairan.
      Saran saya sabar saja ditunggu dulu bu. Nanti jika sudah seminggu ajukan lagi saja dan/atau pindah lokasi pencairan.
      Terimakasih.

      Reply
    • Rizky
      Rizky says:

      Sedikit menanggapi, kasus ibu seperti saya kmren ketika tidak ada email balasan untuk konfirmasi pengajuan, saran saya coba ibu ajukan ulang Eklaim akan tetapi di tempat kantor cabang bpjs yg berbeda dengan pengajuan Eklaim sebelumnya

      Reply
  5. Yeni
    Yeni says:

    Selamat malam pak..
    Saya sudah menerima email panggilan untuk datang ke kantor BPJS yg saya pilih..
    Yg mau saya tanyakan, setelah saya berikan dokumen yg saya upload ketika e klaim, lalu verifikasi apa lagi ya ?

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Selamat malam bu Yeni Nurjayanti N,
      Saat ibu hadir di kantor BPJS TK nanti semua yang sudah ibu Upload diserahkan ke petugas disana, dokumen yang ibu serahkan tersebut adalah:
      1. Kartu Kepesertaan BPJS TK yang asli, nanti kartu ini akan diambil oleh petugas untuk disimpan oleh petugas (tidak dikembalikan)
      2. Foto Copy KTP (Jangan lupa siapkan fotocopy KTP) nanti fotocopy KTP diserahkan bersama asli KTP dan asli KTP akan dikembalikan.
      3. Fotocopy Kartu Keluarga
      4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja (Siapkan foto copy nya jika surat asli masih ingin anda simpan. Kalau saya sih aslinya saya simpan sebagai dokumentasi saya, sehingga saya hanya serahkan fotocopynya)
      5. Fotocopy halaman no rekening Buku Tabungan (Untuk yang mencairkan dana di transfer ke rekening).

      Selebihnya hanya tanya jawab untuk memastikan bahwa yang datang orang yang bersangkutan langsung, dengan mengecek kesesuaian data saja.
      Semoga jawaban ini membantu.

      Reply
  6. jessica putri
    jessica putri says:

    Selamat siang pak harri,

    Pak ada 1 pertanyaan lagi yang belum saya tanyakan.
    Saya sendiri asli bali dan juga e-KTP yang saya gunakan saat ini adalah KTP bali.
    Jika saya mengajukan e-klaim didaerah jakarta apakah akan ada masalah? karena kebetulan saat ini saya sudah bekerja kembali didaerah jakarta dan dana yang ingin saya cairkan adalah bpjstk diperusahaan saya sebelumnya.

    mohon info ya pak harri ..
    terima kasih.

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Selamat siang bu Jessica Putri,
      Saya tidak yakin dalam menjawab pertanyaan ibu, tapi “logika”nya sih bisa.
      Kenapa karena di website aplikasinya ada pilihan mau verifikasi di kantor mana saja bisa.
      Coba deh bu di upload dan input dulu, kalau memang bisa pasti dipanggil oleh kantor BPJSTK yang kita pilih.
      Oh ya kalau bisa cari tau dulu kantor BPJSTK dekat lokasi ibu yg sepi di daerah mana? Biar cepet dipanggil juga.
      Terimakasih, semoga membantu ya.

      Reply
      • jessica putri
        jessica putri says:

        Selamat Siang Pak Harri,

        Baiklah kalau begitu pak, setelah tadi saya sempat telpon ke kantor bpjs cabang cilandak saya dapat info kalau menggunakan ktp bali tidak masalah asal dibawa semua dokumen aslinya.
        Terima kasih untuk bantuannya pak :)

        Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Selamat Siang pak Rudi,
      Wah kok jadi masuk ke aplikasi BPJSTK sih pak? Saya ngga masuk ke aplikasi pak. Tetap buka di web dan ga ada masalah kok.
      Coba buka pake browser lain mungkin beda hasilnya.
      Kalau masih ga bisa juga ya mau ngga mau mesti ke CS di kantor BPJS TK terdekat.
      Terimakasih

      Reply
        • Baskoro
          Baskoro says:

          Dear Shipa,
          Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini karena saya selalu datang sesuai tanggal panggilan.
          Untuk lebih pastinya sebaiknya hubungi saja kantor BPJS TK yang dituju untuk mencairkan.

          Reply
    • jessica putri
      jessica putri says:

      dear pak rudi,

      selamat siang,
      bantu menjawab ya pak. aksesnya memang dialihkan ke google store untuk download aplikasi BPJSTK tapi coba bapak back lagi laman tersebut. bapak akan masuk ke webnya.
      Saya juga mengalaminya tepat hari ini.
      Semoga membantu.

      Terima kasih.

      Reply
  7. Tri amellya
    Tri amellya says:

    Dear pak baskoro, pak mau tanya begitu saya mencairkan jht di kantor cabang pulogebang setelah online, saya dpt surat permohonan, itu surat untuk membuat kartu bpjs ketenagakerjaan yg baru atau bagaimana ya? masalahnya saya blm dpt pekerjaan lagi dan di situ terulis bahwa saya membayar iuran 3 bulan sebesar 50rb tolong jawabannya pak terimakasih

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Dear bu Tri Amellya,
      Mohon maaf bu. Terus terang saya kurang paham terkait masalah yang ibu hadapi.
      Saya masih belum paham apa yang dimkasud dengan surat permohonan itu.
      Aapkah ibu mendaftar untuk BPJS TK mandiri?
      Mungkin ibu bisa diskusi dengan saya terkait hal ini di email saya di hbaskoro at yahoo dot com.

      Reply
  8. hadi pujiyono
    hadi pujiyono says:

    Assalamualaikum pak saya mau nanya. Kemaren saya eklaim online menggunakan ktp lama belom ektp dan di verifikasi ok. Tapi setelah dapat email balasan saya harus bawa surat perekaman ektp. Kenapa kalo suruh bawa surat perekaman ektp eklaim saya di verifikasi ok. Saya sekarang domisili di karawang pak. Seumpama saya sudah rekam ektp gg mungkin saya daftar online pake ktp lama

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Waalaikumsalam pak Hadi Pujiono,
      Saya turut prihatin membaca permasalahan bapak. Namun demikian saya tidak bisa menjelaskan dan menjawab permasalahan tersebut karena saya bukan pihak BPJS TK.
      Saran saya bapak datang saja ke kantor BPJS TK untuk proses verifikasi dan kemudian ketika diminta ektp bapak jelaskan kondisinya.
      Semoga bisa lancar pak. Salam.

      Reply
  9. Fitri
    Fitri says:

    Assalamualaikum.
    Pak mau tanya. Syarat surat berhenti kerjanya itu harus ada stempel dari depnaker tidak?
    Maaf sekalian punya bapak ada stempel dari depnaker gak? Terima kasih.

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Waalaikumsalam bu Fitri,
      Pertanyaan ibu sebenarnya senada dengan pertanyaan bu Alda Agustina tanggal 9 Maret 2018. Bisa ibu baca diatas.
      Namun demikian dapat saya sampaikan bahwa surat keterangan berhenti bekerja saya tidak distempel oleh disnaker.
      Demikian semoga menjawab pertanyaan ibu.

      Reply
  10. erik
    erik says:

    Malam bapak Baskoro, saya Erik dari sawangan Depok, saya mau minta pendapat pak, jadi gini pada tgl 5 April pagi kemarin saya sudah mengajukan eklaim JHT di kantor BPJS cabang Margonda juga pak, semua berkas sudah masuk dan saya disuruh tunggu sampai 14 hari kerja, tp Jumat malam ini saya cek saldo BPJS saya sudah 0 tetapi saya cek di ATM belum di transfer/belum masuk transferannya, kira2 apa yg harus saya lakukan ya pak? Walaupun saya baru menunggu 2 hari sih pak, tp yg saya bingung itu saldo saya sudah 0 tapi belum ada transfer masuk, gimana Menurut bapak? Terimakasih

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Pak Erik,
      Saran saya tunggu saja sampai selasa atau rabu. Jika masih belum masuk dananya di rekening bpk maka konfirmasi kan hal ini dengan petugas di kantor BPJS TK.
      Saya sih menduga memang disistem saldo langsung “nol” sementara dana sedang dalam proses ditransfer.
      Apalagi pak Erik tanggal 5 april proses cairkan kemudian tgl 6 april sudah mengecek, saya pikir terlalu cepat pak.
      Semoga jawaban saya membantu. Terimakasih

      Reply
  11. Binsar
    Binsar says:

    Yth. Pak Baskoro
    Mohon informasinya … jika saya sudah mengajukan eklaim, data upload dokumen dan kapasitas file sudah sesuai, tetapi sudah 7 hari saya belum mendapatkan email balasan apapun. kenapa ya? saya check di aplikasi BPJSTKU statusnya pun belum diproses.
    Terima kasih.

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Pak Binsar,
      Mohon maaf sekali saya tidak mengetahui secara pasti mengapa belum mendapat email balasan apapun. Mungkin ada baiknya bapak coba sekali lagi. Bapak ulang saja lagi. Mungkin cabang pencairannya sibuk atau ada hal lain.

      Reply
  12. desma natalia
    desma natalia says:

    Dear pak Baskoro

    Rencana saya mau pengajuan pencairan jht. Yg mau saya tanyakan apakah dana yg dicairkan cepat masuk ke rekening kita seperti bapak ceritakan di atas tidak terlalu lama, apakah itu benar pak?
    Mohon dibantu infonya
    Terima kasih

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Dear Bu Desma,
      Apa yang saya ceritakan dalam blog saya semua benar adanya bu. Jadi saya ngga bohong kok.
      Memang BPJS TK selalu janjikan akan transfer paling cepet 7 hari paling lama 14 hari.
      Tapi nyatanya saya sudah 3 (tiga) kali mencairkan selalu cepat. Semuanya lusanya dana sudah saya terima.
      Namun demikian saya TIDAK MENJAMIN ibu atau nasabah lain akan juga mendapatkan hal serupa dengan saya, bisa saja ada faktor lain yang membutuhkan waktu dalam pencairan itu.
      Saya tidak tau juga apakah Bank juga berpengaruh untuk cepatnya pencairan. Saya dari dulu gunakan Bank BCA.
      Silahkan baca pencairan saya sebelumnya di artikel ini http://harribaskoro.com/mancairkan-bpjs-ketenagakerjaan-di-kota-depok/
      Jadi ibu jangan khawatir dengan artikel saya, semuanya saya tulis benar adanya. Semoga membantu.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>