Kacamata dgn Lensa Progressive

Kondisi Mata Saya Terkini (Januari 2016)

Sebagaimana telah saya jelaskan dan uraikan dalam cerita-cerita saya sebelumnya, bahwa saya sudah menjalani operasi Phacoemulsification. Dengan operasi Phaco tersebut lensa mata saya diganti dan minus mata saya dikoreksi. Cerita selengkapnya dapat dibaca di link berikut

Sejak saya menjalani operasi tersebut di bulan Mei 2015 maka rangkuman perkembangan kondisi mata saya adalah sebagai berikut:

Selasa 19 Mei 2015 – Kontrol 1 Minggu Pasca Operasi
Minus Kiri : – 1.75Minus Kanan : – 1.5
Plus Kiri dan Kanan : + 2.5
Cylinder : 0

 10 Juni 2015
Minus Kiri : – 1.75
Minus Kanan : – 1.5
Plus Kiri dan Kanan : + 2.5
Cylinder : 0

1 Juli 2015
Minus Kiri  dan Kanan : – 1.5
Plus Kiri dan Kanan : + 2.5
Cylinder : 0

15 Juli 2015
Minus Kiri : – 1.50
Minus Kanan : – 1.25
Plus Kiri dan Kanan : + 2.5
Cylinder : 0

September 2015
Minus Kiri : – 1.50
Minus Kanan : – 1.25
Plus Kiri dan Kanan : + 2.00
Cylinder : 0.25

Keluhan saya terakhir adalah mata saya yang terasa ngeres dan saya merasa keruh adanya kotoran dimata. Untuk keluhan mata yang ngeres sudah tidak terlalu sering saya rasakan. Sementara untuk mata yang terasa keruh memang sedikit masih saya rasakan, namun tidak mengganggu sekali. Untuk keluhan mata yang keruh ini memang solusinya sepertinya harus dibersihkan dengan laser.

 

Kamis 14 Januari 2016

Pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2016 bertepatan dengan terjadinya serangan teror di Jl. MH Thamrin Jakarta saya mengantar ibu saya ke ITC Depok. Ibu saya ada keperluan ke optik disana untuk menyetel kacamatanya. Sekalian ke optik maka saya memeriksakan diri saya dimana hasil pemeriksaannya membuat saya kaget dan gembira:

Minus Kiri dan Kanan : - 0.75
Plus Kiri dan Kanan : + 1
Cylinder : 0

Itu artinya minus mata saya semakin turun dibandingkan awal-awal masa saya saat operasi. Kemudian mata plus saya juga turun menjadi plus 1 saja. Untuk silinder juga 0 (nol) padahal pemeriksaan mata di bulan September 2015 ada silinder 0.25.

Saya tidak bermaksud untuk promosi tapi memang selama ini saya hanya menjaga kesehatan mata saya dan meminum vitamin merek “Nutrivision”.

Nutrivision

Nutrivision

Tanpa bermaksud promosi mungkin ada baiknya dicoba juga oleh anda yang matanya minus atau plus, sehingga bisa mengurangi minus-plus dimata anda.

Demikian update terkini dari perkembangan mata saya yang telah menjalani Phacoemulsification pada Mei 2015.

 

 

Share this:

9 replies
  1. reza
    reza says:

    wah congratulation pak harri, akhrnya ada hasil positif dari tindakan operasinya, semoga semakin membaik kedepannya, jadi pengen lasik juga tapi apa daya sayang uangnya hahaha,
    kacamata yang tidak terpakai boleh juga tuh di wariskan ke saya heheh

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Terimakasih mas Reza,
      Memang biayanya cukup besar sih. Tp kalo ada rejeki bolehlah dipertimbangkan. Saya sih mau kasih kacamata saya ke mas Reza, tapi apa pas/muat dan kepake ama mas :)

      Reply
  2. reza
    reza says:

    Aamiin,, semoga nanti ada rejeki biar saya bisa terbebas juga dari kacamata hehehe
    beda minusnya mas, minus sampean tinggi bgt, sedangkan saya cuma Minus -8.00 mata kanan dan Minus -8.75 Kiri
    Pengen banget punya frame yang mas harri pake pas jalan ke medan thn 2010
    kan lumayan gratisan tinggal gti lensa doang hahahah (Ngarep.com)

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Wah Mas Reza itu minus 8 sudah tinggi juga lho. Diatas 5 itu minusnya termasuk sdh tinggi.
      Mas sayang sekali kacamata itu sudah 6 tahun yang lalu, sudah saya kasih sodara saya.
      Mas kalah cepet nih, maaf ya mas.

      Reply
  3. reza
    reza says:

    iya mas,hampir 24 jam gk bs lepas dari kacamata kecuali tidur sm mandi doang,
    andai hidung sama telinga bisa ngomong aja mungkin mereka dah teriak capek di gantungin kacamata terus hahaha
    yo wes gpp mas berati belum rejeki saya hehe..

    Reply
  4. Fadhila
    Fadhila says:

    Selamat pagi Mas Harri.
    Terima kasih sudah berbagi pengalaman. Saya juga pasien lasik JEC dg minus tinggi (kanan: -13, kiri : -12,75), dengan dr. Setiyo Budi.
    Saya lasik pd Agustus 2017. Jadi sekarang sudah mendekati 8 bln dan kondisi mata saya tidak nol tapi kanan:-2 dan kiri:-1. Awalnya kaget dan kecewa. Tapi saya tetep bersyukur karena tidak ketergantungan kacamata lagi. Tapi saya tetap diresepkan kacamata, cuma gak pernah dipake.
    Untuk mata, saya merasakan keluhan mata kering sampai sekarang walau tidak terlalu sesering pasca operasi bgt, cuma masih pake obat tetes dan masih diresepkan dokter. Saya penasaran, kalau sekarang mendekati 3 th pasca lasik, kira2 minus mas gmn? Matanya kapan sudah tidak terasa ngeres lagi?
    Keluhan saya yg lain adalah susahnya melihat dalam kondisi gelap dan saat melihat lampu jalanan yang jauh atau lampu kendaraan, jadi seperti berbunga2 (spt kita habis ditetes obat utk melebarkan pupil pas cek retina). Kalau mas sekarang bagaimana?
    Terima kasih

    Reply
    • Baskoro
      Baskoro says:

      Selamat pagi mbak Fadhila,
      Saya akan jawab pertanyaan mbak satu persatu ya;
      1. Perihal Minus yang tidak bisa nol setelah di lasik apakah sudah disampaikan dokter sebelumnya? sebab dalam kasus saya dokter memang sudah sampaikan saya tidak bisa nol. Tapi ternyata saya malah bisa sampai 0.75, itu saja sudah cukup buat saya :D

      2. Masalah diresepkan kacamata saran saya walo minus kecil tetap dipakai deh. Saya pernah baca artikel bahwa walaupun sudah di lasik ada orang yang minusnya kemudian bertambah lagi. jadi naik lagi minusnya. Saran saya ikuti perintah dokter dan konsultasikan kalo minusnya naik terus.

      3. Mengenai keluhan mata kering iya saya masih rasakan tapi tidak terlalu mengganggu sih. Terutama saya rasakan jika saya membaca tanpa kacamata (saya ada plusnya). Mata jadi cepat lelah. Kalo saya merasa mulai ngeres atau kering saya gunakan tetes mata cenfresh saja.

      4. Setelah 3 tahun ini kondisi mata saya memang jauh lebih stabil. Minus tetap di 0.75 tapi saya sudah lama tidak mengecek kondisi terkini. So far sih ngga ada keluhan. Hanya saja mata kering masih saya alami tapi menurut saya masih dalam taraf wajar.

      5. Terkait keluhan susah melihat dlm kondisi gelap, kondisi ini tidak saya alami. Sedangkan keluhan melihat lampu jalanan yg jauh ato lampu kendaraan, jd seperti berbunga2 (spt kita habis ditetes obat utk melebarkan pupil pas cek retina), saya pernah baca keluhan seperti ini di orang lain. Untungnya saya tidak alami keluhan ini. Memang untuk setiap orang dampaknya tidak sama. Untuk mbak dan orang yang saya baca artikelnya memang bisa saja seperti itu.

      Demikian mbak Fadhila jawaban saya. Semoga menjawab pertanyaan mbak. Sehat dan sukses selalu.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>