Jumbo

Adopsi Orangutan di BOSF

Saya memang sangat peduli dengan binatang dan salah satunya adalah dengan Orangutan. Buat saya Orangutan adalah satwa khas Indonesia yang unik karena dikenal di luar negeri dengan sebutan “Orangutan” tidak dengan sebutan nama lain. Bahkan kemudian saya tau bahwa Orangutan itu memiliki DNA yang 97% mirip DNA manusia. Orangutan di Indonesia hidup di hutan Sumatera dan Kalimantan (Borneo).

Pada perkembangannya habitat Orangutan semakin terusik, bahkan mereka sering menjadi musuh manusia. Pembukaan hutan sebagai perkebunan Kelapa Sawit adalah musuh besar bagi Orangutan. Selain hutan tempat tinggal mereka ditebangi, Orangutan kerap menjadi musuh yang diburu karena dianggap sebagai hama pengganggu. Padahal Orangutan tidak bersalah, rumah merekalah yg justru diambil dan dirusak manusia.

Kepeduliaan saya kepada Orangutan saya wujudkan dengan berpartisipasi dengan ikut serta dalam kegiatan yang dilakukan oleh Centre for Orangutan Protection (COP). Kebetulan sekitar tahun 2011 akhir saya memiliki waktu luang. Sehingga saya bisa berpartisipasi dalam kegiatan COP seperti:

Demonstrasi menolak Perkebunan Kelapa Sawit,

 

dan menjadi Volunteer di Kebun Binatang Ragunan untuk menjaga kandang Orangutan agar tidak dilempari makanan atau benda-benda oleh pengunjung sekaligus mengedukasi para pengunjung tersebut.

 

Tapi kan saya juga memiliki keterbatasan waktu karena bekerja, sehingga saya tidak bisa mengikuti lagi kegiatan-kegiatan seperti itu. Saya kemudian berfikir bahwa selain ikut kegiatan sebagai volunteer saya bisa juga membantu dari segi dana dengan membantu  Orangutan yang sudah ada di pusat-pusat rehabilitasi. Mereka biasanya didapat dari warga atau sitaan untuk kemudian direhabilitasi sebelum dilepasliarkan. Tentunya mereka butuh dana yang tidak sedikit, saya pikir tidak ada salahnya saya membantu mereka. Kemampuan saya tidak besar namun demikian walaupun kecil saya harap bisa membantu mereka.

Saya lupa bagaimana persisnya saya bisa mengunjungi situs www.orangutan.or.id Di tahun 2013 sekitar bulan November saya browsing tentang donasi untuk Orangutan. Dimana akhirnya saya memutuskan untuk mendonasikan melalui Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF). Saya kemudian pelajari melalui situsnya bahwa terdapat dua macam pilihan bisa adopsi atau donasi untuk Orangutan yang dirawat oleh BOSF. Bedanya Adopsi dan Donasi adalah, Donasi kita membantu pembiayaan sejumlah tertentu (bisa 10 USD, 20 USD, dst nya) per Orangutan per bulan dan dibayarkan setiap bulannya. Sedangkan Adopsi, kita membantu membiayai sejumlah tertentu (100 USD per Orangutan atau 150 USD untuk 2 orangutan) selama 1 tahun dan dibayar dimuka.

Oh ya, konsep Adopsi dan Donasi ini hanya dari sisi pembiayaan untuk perawatan Orangutan lho, jadi tidak berarti dengan mengadopsi Orangutan tersebut kemudian si Orangutan jadi diserahkan dan diurus oleh kita. Tidak sama sekali! Harus dipahami, bahwa sebenarnya Orangutan itu tidak sepatutnya bersentuhan dengan manusia, kecuali di tempat rehabilitasi oleh perawat (keeper) mereka. Itupun dengan penanganan yang dikontrol, tidak boleh sembarangan. Hal ini disebabkan karena Orangutan memiliki DNA yang 97% mirip manusia, maka orangutan sangat rentan tertular atau menulari penyakit manusia.

 

Adopsi Jumbo (2013)

Saya browsing di website BOSF dan akhirnya menemukan Orangutan yang bisa diadopsi. Tahun 2013 ada beberapa Orangutan yang ditawari untuk diadopsi. Salah satunya adalah Jumbo. Saya tidak terlalu ingat alasan saya memilih Jumbo, sebab seingat saya kalo liat fotonya semua Orangutan itu pasti lucu dan menggemaskan :)

Ini adalah sedikit cerita tentang Jumbo:

Cerita tentang Jumbo

Cerita tentang Jumbo

 

Saya lihat sepertinya Jumbo lah yang cocok untuk saya adopsi. Biaya Adopsi Jumbo saat itu adalah Rp. 1.400.000,00 yang dibayarkan melalui rekening bank. Setelah saya membayar biaya adopsi saya menerima sertifikat adopsi untuk satu tahun, dan setiap triwulanan saya akan menerima update perkembangan tentang Jumbo atau Orangutan yang saya adopsi.

Sertifikat Adopsi Jumbo 2013

Sertifikat Adopsi Jumbo 2013

 

Saya juga dikirimi update informasi bahwa nama saya dicatatkan di plakat sebagai tanda terimakasih yang diletakkan di lokasi rehabilitasi mereka di Nyaru Menteng Kalimantan. Ini surat dari BOSF tersebut:

“Dear CINTA and JUMBO adopters,

Thankyou so much for your amazing  love for CINTA and JUMBO. You adopted  them  as a Christmas gift! They had achieve much in the last year.  Now they are ready to start  infant forest school and begin to learn how to survive in the wild. Thank  to  you!

 As promised, we are delighted to share the attached picture of a placard, we celebrate your support by MONUMENTALIZE  your name on a placard. You will forever be remembered in Nyaru Menteng as their beloved adoption parents. If one day you able to visit Nyaru Menteng, you will find your name on it.

Once again, please accept our sincere thanks for your support,  you make a difference to their lives. For more information about how you can support the orangutans please visit the link http://donation.orangutan.or.id/ and if we can provide you with any further information, please do let us know and contact us at bosfundraising@orangutan.or.id

With warm regards from the all at the BOS Foundation” 

Selain juga tentunya foto-foto Jumbo yang lucu:

Cerita tentang Jumbo

Cerita tentang Jumbo

 

Adopsi Jumbo, Shelton dan Kopral (2014)

Adopsi saya yang pertama di tahun 2013 berjalan setahun dari Nov 2013 sampai 2014. Di bulan November 2014 saya diingatkan kalo adopsi saya akan berakhir kemudian saya ditawari akan adopsi kembali atau tidak? Saya kunjungi lagi website BOSF di www.orangutan.or.id dalam website tersebut Orangutan yang butuh diadopsi semakin banyak. Saya jadi sedih karena tandanya makin banyak konflik antara Orangutan dan manusia, dan mereka kalah sehingga harus di rehabilitasi di BOSF :(

Saya akhirnya memutuskan untuk mengadopsi Jumbo kembali. Tahun ini sistem pembayarannya saya pilih via Paypal, sebab biaya adopsi tahun ini dalam US Dollar dan kalo lewat Paypal saya bayar dengan dipotong dari Kartu Kredit. Sehingga saya juga bisa mencicilnya. Biaya adopsi Jumbo tahun 2014 ini adalah sebesar 100 USD.

Sertifikat Adopsi Jumbo 2014

Sertifikat Adopsi Jumbo 2014

 

Ternyata selain Jumbo saya lihat Orangutan lain yang ditawarkan untuk diadopsi berdua dengan biaya 150 USD. Kedua orangutan itu bernama Shelton dan Kopral. Yang bikin saya tertarik untuk adopsi Shelton dan Kopral adalah kondisi mereka yang menyedihkan. Shelton itu satu matanya buta karena ditembak :( Sedangkan Kopral kedua tangannya cacat karena diamputasi :( Kopral diamputasi karena dulunya dia dijadikan piaraan dalam kandang, ketika dia kabur dia memegang kawat yang mengandung listik, sehingga tangannya kesetrum. Kondisi tangannya yang membusuk terpaksa membuat tangan kopral diamputasi. Saya ga tega banget liat mereka berdua, saya sedih sekali.

Ini cerita tentang mereka berdua:

Cerita ttg Kopral & Shelton

Cerita ttg Kopral & Shelton

 

Saya tidak kuat membaca kondisi Shelton dan Kopral yang begitu menderita. Saya pikir tidak ada salahnya saya sisihkan uang saya sedikit lagi untuk mereka berdua. Sehingga akhirnya saya putuskan saya adopsi juga mereka berdua. Saya bayar via paypal sebesar 150 USD. Saya berharap bantuan saya ini bisa membantu mereka berdua :(

Sertifikat Adopsi Kopral & Shelton 2014

Sertifikat Adopsi Kopral & Shelton 2014

 

Seperti juga tahun sebelumnya saya mendapatkan informasi tentang perkembangan mereka, baik dalam berupa foto maupun video.

 

Saya gembira sekali tahun 2014 ini bisa adopsi lebih banyak Orangutan, namun demikian tentu saya tidak bisa adopsi semua. Dana saya tentu terbatas. Saya berharap akan banyak teman-teman lain yang bersedia membantu orangutan ini. Bisa dengan mengadopsi mereka atau mendonasikan dana untuk mereka.

Teman-teman bisa bantu mereka melalui BOSF atau melalui COP, sama saja saya pikir, dua organisasi ini sangat intens dalam melindungi Orangutan. Silahkan ini linknya jika berminat membantu:

Membantu via BOSF

Membantu via COP

 

Saya selalu berdoa agar Orangutan di Indonesia dan di seluruh dunia dapat semakin baik kondisinya. Mereka terlindungi dan terjaga habitatnya. Khusus untuk orangutan dalam rehabilitasi dimanapun mereka berada semoga mereka hidup dengan baik dan bisa segera dilepasliarkan (bagi yang bisa dilepaskan). Saya berdoa agar semakin banyak manusia yang peduli dengan mereka, dan bersedia memberikan donasi bagi orangutan tersebut.

Saya juga berdoa agar saya selalu diberi rejeki agar tetap bisa membantu mereka. Merekalah yang membuat saya semangat bekerja dikala saya jenuh dan malas untuk bekerja. Karena jika saya tidak bekerja maka saya tidak memiliki uang dan tidak dapat membantu mereka lagi …

I love you all my lovely Orangutan … with warm hug & kisses!

 

 

 

Share this:

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>